DAMPAK PENDIDIKAN MASYARAKAT TERHADAP STRATIFIKASI SOSIAL DI DESA SUNGAI ENAU KECAMATAN KUALA MANDOR B. KABUPATEN KUBU RAYA DITINJAU TEORI STRUKTURAL FUNGSIONAL OLEH TALLCOT PARSONS

SA’UR NIM. E51111036

Abstract


Jurnal ini berjudul “Dampak Pendidikan Masyarakat Terhadap Stratifikasi Sosial Di Desa Sungai Enau Kecamatan Kuala Mandor B. Kabupaten Kubu Raya”. Selanjutnya, penulis merumuskan masalah umum dari penelitian ini yakni “Bagaimana dampak pendidikan masyarakat terhadap stratifikasi sosial di Desa Sungai Enau Kecamatan Kuala Mandor B. Kabupaten Kubu Raya?”. Dengan tujuan penelitian mengungkap dampak pendidikan masyarakat terhadap stratifikasi sosial di Desa Sungai Enau Kecamatan Kuala Mandor B. Kabupaten Kubu Raya. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan metode kualitatif. Jenis penelitian deskriptif yaitu jenis penelitian yang bermaksud untuk mendeskripsikan atau melukiskan, bagaimana dampak pendidikan masyarakat terhadap stratifikasi sosial di Desa Sungai Enau Kecamatan Kuala Mandor B. Kabupaten Kubu Raya. Metode penelitian kualitatif mengutamakan manusia sebagai instrumen penelitian, sebab mempunyai adaptasi yang cukup baik sehingga dapat menyesuaikan diri dengan situasi yang dapat berubah ketika melakukan penelitian. Dalam penelitian ini penulis menggunakan teori Tallcot Person sebagai studi tentang dampak pendidikan terhadap statifikasi sosial tertentu dengan konsep mobilitas sosial Idi (2011), menurut Pitirin A. Sorokin dalam buku Idi (2011) mobilitas sosial adalah suatu gerak perpindahan dari satu kelas sosial ke kelas sosial lainya. Pada dasarnya stratifikasi merupkan suatu sistem nilai. Sistem nilai ini tentunya akan mempengaruhi atau menentukan pola pikir penganutnya. Cara berpikir, bertindak dan bersikap seseorang pastilah diwarnai dengan stratifikasi sosial.

Hasil penelitian ini berkaitan dengan hasil penelitian menunjukan bahwa ada 8 dampak yang dapat mempengaruhi dampak pendidikan masyarakat terhadap stratifikasi sosial di Desa Sungai Enau Kecamatan Kuala Mandor B. Kabupaten Kubu Raya. Keberhasilan dari stratifikasi sosial ini tergantung dari pribadi individu didalam masyarakat itu sendiri. Dampak tersebut diantaranya (1) Lingkungan Keluarga (2) Pergaulan Masyarakat (3) pendididikan (4) Kepercayaan (5) Pekerjaan individu (6) Ekonomi Keluarga (7) Status Sosial (8) Mobilitas Masyarakat. Berdasarkan dari hasil penelitian ini maka penulis memberi saran bahwa masyarakat desa Sungai Enau berpendidikan lebih tinggi karna akan merubah status sosialnya. Dapat ditarik kesimpulan dampak pendidikan masyarakat terhadap stratifikasi sosial di Desa Sungai Enau Kecamatan Kuala Mandor B. Kabupaten Kubu Raya, yakni berpendidikan tinggi dapat memberikan stratifikasi sosial yang lebih baik. Dampak ini dapat mempengaruhi Lingkungan Keluarga, Pergaulan Masyarakat, pendididikan, Kepercayaan, Pekerjaan individu, Ekonomi Keluarga, Status Sosial, Mobilitas Masyarakat. Dampak pendidikan yang tinggi di masyarakat Desa Sungai Enau dapat merubah status sosialnya yang lebih baik berdasarkan perinsip-prinsip dampak sosialnya.

Kata-kata Kunci: Pendidikan, Stratifikasi, Masyarakat, Mobilitas

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 1557 times
PDF - 6125 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.

Pemimpin Umum/Penanggung Jawab

Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Wakil Pemimpin Umum

Wakil Dekan 1 Bidang Akademik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Dewan Penyunting Kehormatan

Dr.H,Martoyo, MA, Dr.Herlan, M.Si, Dr.Dedi Kusnadi, M.Si, Drs.Sabran Achyar, M.Si, Prof.Dr. Sy. Ibrahim Alqadrie, Prof. Dr. A B Tangdililing, M.A., Prof. Dr. Arkanudin, M.Si, Prof. Dr. Redatin Parwadi, M.A, Dr.Lukman Jafar, M.Si, Drs.Sukamto,M.Si, Dr.Hj.Hardilina,M.Si, Dr.H.Mochtaria M.Noh, M.Si, Dr.Ngusmanto (Scopus ID: 57191224744)

Dewan Penyunting (Editorial Board)

Dr.Ira Patriani, Dr.Rusdiono, M.Si, Dra.Kartika Ningtyas, M.Si, Drs.Asmadi, M.Si, Bima Sujendra, M.Si, Dewi Utami, M.Si, Ully Nuzullian, M.Si, Dr.Hasanah, Dr.Ema Rahmaniah, Dr.Sri Maryuni, M.Si, Dr.Nurfitri Nugrahaningsih, M.Si, Dra.Yulianti, M.Si, Dra.Syarmiati, M.Si, Dr.Pardi, M.Si, Dr.Indah Listyaningrum,M.Si, Viza Juliansyah, S.Sos., M.A.

SOCIOLOGIQUE, jurnal Mahasiswa S-1 Sosiologi Fisip Untan, https://jurmafis.untan.ac.id/index.php/sociologique/

Alamat: Kampus FISIP Untan Jl.Prof.Dr.H.Hadari Nawawi, Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia 

ISSN: 2442-5273

SK LIPI no. 0005.329/JI.3.2/SK.ISSN/2015.02